Sabtu, 27 November 2010

Setuju Objek Wisata Panorama dibenahi

Warga Simpang Tanjung nan IV Berembug

Pesona objek pariwisata panorama danau dibawah, kecamatan Lembang Jaya yang nyaris tenggelam oleh lilitan persoalan mulai terkuak manakala dilakukan musyawarah dan gotoroyong bersama masyarakat sekitar objek wisata yang notabene adalah praktisi pariwisata dikawasan itu.

Musyawarah itu sendiri berlangsung di medan nan bapaneh setempat, Sabtu (9/10) antara kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olaharaga Kabupaten Solok Drs. Jasman, MM dengan wali nagari Simpang Tanjung Nan IV berikut sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di nagari tersebut. Anggota DPRD kabupaten Solok Masrizal ST yang berasal dari wilayah pemilihan Lembang Jaya juga hadir.

Dalam dialog dua arah antara Pemkab. Solok yang diwakili oleh Kadis pariwisata Jasma dengan warga tanjung nan IV disepakati objek wisata panorama dapat digerakkan menjadi potensial dengan aturan-aturan yang saling menguntungkan, terutama bagi anak nagari yang kesehariannya bertugas sebagai praktisi wisata di kawasan itu.
“ Kita tidak mengaji yang sudah-sudah lagi, tetapi ke depan bagaimana objek wisata panorama menguntungkan untuk masyarakat dan pemerintah sekaligus, “ kata Jamaluddin, tokoh masyarakat yang kerap di panggil wali Jama di kawasan itu.

Kesepahaman tersebut juga didukung oleh wali nagari Simpang Tanjung nan IV serta Bundo kandung setempat. Umumnya masyarakat menghendaki perubahan yang nyata terhadap potensi wisata dengan menyepakati dilakukan pembenahan infrastruktur secara bertahap serta pengaturan yang jelas dari pemakb. Solok.

Praktis sambutan masyarakat yang begitu antusias menjadi spirit bagi kadis pariwisata Kabupaten Solok untuk mengangkat masalah pengembangan panorama Danau Dibawah ke tingkat Kabupaten. Bahkan melalui Masrizal ST, anggota DPRD Kabupaten Solok itu memberi garansi untuk pengembangan objek wisata tersebut.
“ Tetapi tentu segala aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah sama-sama dipatuhi, “ tegas Masrizal seraya menjanjikan perjuangan anggaran perbaikan fasilitas wisata di panorama.
Rencana pembenahan objek wisata panorama sejaligus memperbincangkan soal bangunan-bangunan yang didirikan oleh masyarakat didalam objek tersebut. Dengan satu kata kebersamaan dan saling menguntungkan, warga Simpang Tanjung Nan IV menanti respon Pemkab. Solok untuk pembenahan lanjutan, sehingga panorama danau Dibawah akan mengubah citra kepariwisataan Kabupaten Solok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar